Thursday, May 6, 2010

Salary Saudi Arabia

Saya sudah cerita soal gimana saya ngelamar, di interview, trus awal berangkat. Ada yang tertarik saya cerita soal salary ga ? saya tunggu ya responnya ? **Mode Nunggu ON**.

Satu jam kemudian...

Oke, saya tahu semua ingin tahu masalah yang satu ini. :)..
Beberapa minggu yang lalu ketika saya hendak sholat di mesjid di dekat compound saya, tiba-tiba saya lihat ada anak muda dengan baju koko, terus pakai kain sarung lewat di depan saya. Hmm, ga salah lagi nih.. Muka melayu, pake baju koko lagi. Langsung saya tegur.."Orang Indonesia mas ?" Eh Iya Pak, waduh saya capek cari Indonesia ga ketemu. Jawabnya dengan logat Cirebon. Saya baru datang Pak, maaf tadi saya pikir Bapak orang Philipina !! tambah si Anak muda tadi. Selesai sholat kami ngobrol lagi.. "

Saya dari Cirebon Pak, baru datang dua hari yang lalu. Saya datang melalui PJTKI anu
(bukan nama sebenarnya) dengan membayar 13 juta, mau di janjiin kerjaan sebagai cleaning service di Khobar. Tapi dah tiga hari belum ada khabarnya ini Pak. Saya ndak bisa bahasa Arab, bahasa Inggris apa lagi. Saya sampe di Airport Dammam jam tiga pagi, baru di jemput jam dua belas siang. Saya agak takut Pak, Dari Indonesia saya cuma di kasih nama perusahaan yang menampung saya, tapi alamat dan nomor telponnya ga ada. Tadi waktu di Airport saya sempat salah naik mobil, habis si supir-nya cuma nanya ..Indonesia !!! Indonesia !!! langsung aja saya naek, eh di tengah jalan dia berhenti, trus nelpon. Saya jadi takut, langsung aja saya kabur balik lagi ke Airport. Syukurnya belum jauh.

"...Jam 12 an, ada supir datang teriak nama perusahaan penampung saya, sampai akhirnya saya sampai disini. Syukurnya penginapan dan makanan di tanggung Pak. Soalnya duit saya cuma 50 ribu rupiah. Besok saya di suruh datang ke kantor, tapi saya bingung, soalnya nda ngerti dia ngomong apa
, Si Anak muda menambahkan.... "Kalau begitu, besok kamu kalau sudah di kantor, sms saya biar saya yang ngomong ke orangnya !!!", jawab saya. "Ohh.. terima kasih Pak, tapi saya bingung mau sms pakai apa, saya punya HP tapi nda ada SIM card-nya". Ya udah, akhirnya saya beliin dia SIM card sekalian pulang ke compund. Besoknya, setelah menerima sms dari Si Anak muda tadi, saya ngomong langsung ke perusahaan penampungnya. Syukurnya perusahaan penampunya kelihatannya cukup bertanggung jawab.

Besoknya di mesjid yang sama, saya bertemu lagi dengan Si Anak muda Cirebon, "Pak kemarin dia ada tanya soal salary. Salary itu apa ya ?" Gubraaaaaaaaak, hati saya tertegun. "Saya tahu apa yang paling penting kamu harus punya untuk survive di Saudi !!!", jawab saya. "KAMU HARUS PUNYA KAMUS". Saya install di HP-nya kamus mobile Indonesia-Inggris.

Beberapa hari berselang, si Anak muda Cirebon, ngasih kabar ke saya bahwa dia sudah di tempatkan di tempat baru, dan bekerja di Rumah Sakit sebagai Cleaning Service dengan gaji 800 Rial/Bln. Nah, Bapak/Ibu baru sekarang tahu berapa kira-kira gaji cleaning service di Saudi.

4 comments:

Anonymous said...

Assalamu alaikum,

Mau tanya ya pak?
Saya dapat tawaran di abqaiq, KSA...kira2 bagaimana linkungan disana? sperti apa ya?
Trus kira2 gaji di Saudi Aramco berapa ya utk orang indonesia? Dioffer dgn grade 13.

Terima kasih sebelumnya

Wassalam

mantik said...

Assalammualaikum.

wah cerita bapak2x disini, seru dan juga mengharukan, tapi saya salut buat semuanya, semoga semuanya berjalan lancar dan sukses. ada sedikit pertanyaan, saya ditawarain posisi network technician dengan kontrak 2th di project airport dan gaji yang ditawarkan 1500real+uang makan 250real. akomodasi dari mereka, menurut bapak itu memang standard disana.? thx atas jawabannya.

Indonesia di Arab Saudi said...

Mas Mantik,

Susah kalau ngomng soal standard mas, karena buktinya disini gajinya banyak yang aneh2. Lebih enak kalau kita ngomong mas mau saving berapa. Oke mari kita hitung:

1500 SAR x 2500 = Rp 3.750.000,- Apa memang segitu yang mas harapkan ? sekali makan akan menghabiskan 15-20 SAR, dikali 30 hari, berarti 600 SAR/bln. Bagaimana dengan keluarga ? pulsa ? transport (disini tidak punya bus memadai seperti Jakarta, jadi harus naik taksi)? internet (350 SAR/bln) ? jalan2 ? kesehatan ? Menurut saya terlalu tipis mas. Tawar lagi. Tergantung gaya hidup, tapi paling tidak disini buat single mas akan menghabiskan 1500 SAR untuk nyaman.

Jika maksud mas ingin cari pengalaman, sambil cari2 kerjaan lain disini, hati2 lho, jika mas mengganti perusahaan di Saudi ini, harus ada NOC (surat ketidak beratan dari perusahaan sebelumnya). Banyak kasus si perusahaan tidak mau mengeluarkan surat ini. Jadi kita harus balik ke Indonesia. Dan harus balik, jangan main2 karena mas akan di blacklist oleh imigrasi jika tidak, dan jika sudah demikian maka seluruh GCC akan mem-blacklist.

Segitu dulu mas, jika ada pertanyaan lagi monggo..

Syamsul Arifin said...

lagi searching gaji di arab, ketemu page ini :)
nice posting

salam kenal :)