Thursday, February 7, 2013

Cerita dari Saudi Arabia

Bapak2/Ibu Apa khabar ?

Lama juga saya tidak menulis. Hari ini (kamis) libur di Saudi Arabia. Saya ingin menulis kisah2 di Saudi Arabia. Ada cerita tentang engineer, ada tentang supir taksi, PRT dan beberapa kisah lainnya.


Saudi ini memang land of opportunity bagi semua orang. Tidak cuma bagi orang Indonesia, tapi bagi semua orang. Orang bule juga ngikut memenfaatkan setuasi. Bukan rahasia lagi bahwa yang kalo para bule2 itu sangat dihargai disini. Mereka "raja". Mereka di hire dengan gaji yang sangat besar. Memang ada yang sangat ahli di bidangnya. Namun tidak sedikit juga yang cuma nebeng paspor dengan keahlian seadanya.

Alkisah, ada sebuah compund besar di Saudi ini yang menghire manager maintenance dari negara Eropa. Menurut Bapak/ibu, apa sih tugas maintenance manager compund ? Maintenance apa sih yang diperlukan di compund ? Wong yang ngebenerin AC sudah ada para teknisi tangguh dengan gaji seadanya dari Philipine, India dan beberapa negara lainnya ? Kalo perlu memperbaiki pagar yang rusak tinggal panggil orang Pakistan yang terrkenal handal di bidang konstruksi ? Ya, walhasil kerja sang maintenance manager tadi adalah setiap jam 2 siang sudah nongkrong di kolam renang buat berjemur. Indah bukan ???

Ada juga cerita dari seorang supir taksi, yang telah bekerja lebih dari 20 tahun di Saudi ini. Sang supir curhat bahwa dia hanya bisa pulang 3 tahun sekali untuk bisa jumpa keluarga. Bayangkan waktunya dihabiskan sebagaian besar bekerja untuk keluarganya. Walaupun dia korban dirinya untuk sendiri di negara orang. Tapi yang penting anak2 nya bisa bahagia. Pulang 2 atau 3 tahun sekali ini menjadi praktek biasa bagi para expat di level ini.

Ada cerita pembantu rumah tangga yang bekerja dengan majikan kaya raya yang baik hati. Anak sang majikan sangat dekat denagn pembantu tersebut. Sehingga kemana2 bersama. Jika liburan ke Eropa, sang majikan juga akan membawa si pembantu ini, terbang dengan bisnis class. bahagiakan ?

Juga ada cerita orang Indonesia yg bekerja sudah lebih dari 15 thn di Saudi. Awalnya beliau kemari tidak bisa nyetir, padahal pekrjaan yg bakal di jalani adalah sebagai supir di Saudi. Walhasil sang majikan hampir memulangkan beliau, namun oleh istri sang majikan beliau di justru di belikan mobil kecil buat belajar mobil di halaman rumahnya yang besar. Jadilah akhirnya empat bulan beliau belajar mobil, dan tidak ngapain2 kecuali main dengan anak majikan yang kecil.

Saudi ini memang penuh cerita. Ada yang manis dan ada yg pahit. Saudi ini ada yang keturunan Abu Bakar yang baik dan dermawan, namun juga ada keturunan Abu Jahal yang kejam.

10 comments:

lexavega said...

Salam kenal pak,

Gugling sana sini cari berita seputar tki saudi, ee ngk taunya mampir kesini.

ceritanya menarik menambah inspirasi ana, kebetulan ana pingin banget jd tki di saudi, termasuk salah satu impian ketika waktu kecil.

Sayang masih di indonesia ni tinggal di solo sukoharjo ndeso lagi, kapan ana bisa nyusul ya.

bingung awalnya mulai dari mana ya, keahlian ana punya supir tp masih blm mahir. bahas arabnya nggak fasih maklumlah NDESO.

yang baca comment ana kasih solusi dong?

atau kasih info lowongan kerja di saudi


EMAIL ANA

muh.aljimany@gmail.com

SERIUS ANA NGANGGUR NI, ORTU NGOMEL2 NGGAK TAHAN


'Afwan pak malah pakai curhat segala.

pasarjogja.com said...

Tulisan yang menarik, sedikit menghibur bagi kel. indonesia yg memiliki famili di sana..


Keep writing..

Salam Sukses


Pasar Jogja - Grosir Batik Jogja | Termurah

Anonymous said...

salam kenal pak.

Mohon infonya dong tentang al eid bakery, yang ada di dammam KSA. tq

Nasrudin

Indonesia di Arab Saudi said...

Mas Nasrudin, maaf saya nda tau soal Al-eid bakery..

Unknown said...

mas maaf mau nanya.saya dapat info dari blog anda tentang pa jufri yang bisa bantu urus visa arab,saya butuh bantuan beliau,kira2 aman gak ya mas,soalny sayany dari kalimantan.jazakallahukhoiron

Indonesia di Arab Saudi said...

Sy beberapa kali ngurus visa visit dgn beliau, dan tdk pernah ketemu muka, krn sy di Sumatra. Keliatannya lancar. Btw, beliau tdk bisa ngurus smua jenis visa Saudi.

Unknown said...

Bapak, boleh info untuk living cost di Yanbu? Kemudian untuk sewa rumah / apartemen untuk keluarga dengan dua anak? Kemudian, balik ke standart sallary, berapakah standart untuk level craftman di perusahaan refinery..Terima kasih banyak sebelumnya..

Salam,
Supri

Anonymous said...

assalamu'alaykum salam kenal mas... saya senang baca tulisannya..
maaf umur sy sekarang early 30... apa msh ada ga ya ksempatan utk berkarir di saudi...
thx...

Berita Haji said...

Insyallah dengan izinNya diharap dpt berada dihadapan Kaabah lagi nanti !



Berita Haji Terbaru

sekolah gratis jawa barat said...

Assalamualaikum selamat pagi pak, mohon info rekomendasi teman yg mau share room di jeddah, desember sy mulai kerja di saana. thanks..reza