Thursday, May 13, 2010

Engineer Salary di Saudi Arabia dan tips

Setelah membaca cerita saya tentang Salary Saudi Arabia, mungkin Bapak/Ibu agak kecewa ya karena tidak menemukan yang di cari ? Ayo ngaku..!! hehe. Saya cuma ingin membawa Bapak/Ibu bahwa di Saudi Arabia yang kaya minyak ini, juga ada Saudara kita yang kerja seperti itu, dan mereka merasa sangat bahagia. Bersyukur mungkin kata yang tepat. At least for the time being, itu lah yang terbaik, sambil terus usaha.

Saudi Arabia adalah tempat dengan living cost yang termurah di GCC Country. Itu menurut temen-temen yang sudah pernah kerja di Dubai, dan Qatar. "Dubai ampun-ampunan, nyaris amburadul mas keuangan saya ketika saya di Dubai ".. gitu menurut temen saya.

Sebenarnya sih semua tergantung bagaimana gaya hidup. Tapi moso, dah jauh dari kampung, kita mau hidup ngirit dan pas2-an ? Bener ga ?

Semua di mulai dari seberapa berharga kita menurut perusahaan. Kalo kita jago, pasti di kasi gaji tinggi. Bener ga ? (sambil malu2, karena mikir diri sendiri hihi). Menurut saya standard gaji sih tergantung kalau Bapak/Ibu mau saving berapa per bulannya.

Rata-rata, keluarga dengan 2-3 orang anak per bulan akan menghabiskan 1000-1500 USD. Cost terbesar di Saudi itu adalah uang rumah dan Sekolah buat anak. Makanya ketika nego gaji, lihat dan yakinkan hal ini sudah secure. Jika Bapak memilih tinggal di apartment, maka harga yang bagus itu 30-40 Ribu Riyal/Tahun. Namun harap diingat ya, apartment di Saudi tidak seperti di kita yang punya halaman dan fasilitas mewah, jadi mungkin agak sedikit susah bagi perempuan untuk keluar apartment sendiri. Perempuan agak susah keluar disini, karena harus di temanin oleh muhrim. Jika Bapak memilih tinggal di compund, harga compound terendah itu di kisaran 60 ribu Riyal/Tahun. Tapi harap diingat harga dikisaran ini laris manis di Saudi, jadi agak susah untuk mendapatkannya. Jika Bapak mau aman, minta di kisaran 90 ribu Riyal/Tahun ke atas ketika nego gaji.

Sedang bagi yang anaknya sekolah, anak Bapak/Ibu harus bersekolah di International school. Jadi ndak boleh ke sekolah lokal. Biaya International school itu yang termahal seperti British International school, dikisaran 30-45 ribu Riyal/ tahun. Sedangkan kan yang terendah di harga 6 ribu riyal/tahun. Tapi jangan tanya soal mutu ya. Saya ga tau soalnya. Mungkin bisa jadi yang murah lebih baik. Ayo, ada yang punya pengalaman ? atau ada yang mau homeschooling ? coba Bapak/Ibu cari inspirasi di sini

1 comment:

Syamsul Arifin said...

nice info, lagi browsing2 standar gaji d sana nih :)

btw, saya follow mas blogsnya ya :)