Saturday, May 15, 2010

This country full of India and Phillipino..

"Excuse me, are you Indonesian ? Oh no, I am Philipino". Wah, ga terhitung banyaknya saya bertanya seperti itu dan menerima jawaban singkat padat jelas kaya gitu. Luar biasa, banyak banget orang Philipino di sini.

Iseng-iseng saya bertanya sama orang Philipina yang satu kantor dengan saya. Kenapa ya banyak orang Philipina di sini. Dia cerita, ..."karena angka pengangguran di Philipina besar. Seorang sarjana susah untuk mendapatkan kerja yang sesuai dengan bidangnya di Philipines. Terus, kalaupun bekerja, biasanya cuma untuk kebutuhan dasar doang, selebihnya untuk mobil, rumah dan sebagainya ntah berapa tahun baru bisa terpenuhi. (Oh gitu ya...kok setali tiga uang ama Indonesia, mirip banget). Akhirnya kami merantau kesana-kemari", sambungnya lagi sambil terisak hiks..hiks.. (maaf, terisaknya saya ada2in). Saya menjawab, sama dong kaya Indonesia, tapi kenapa Indonesia ga rame ya di sini ? Apa orang Philipina lebih pinter ? Ah yang bener ah.. Industri di Philipina itu apa sih, kalo di Bandingkan Indonesia. Kawan saya itu bahkan sudah bekerja di Saudi Arabia, ketika dia baru punya experience dua tahun.

Good attitude ? Talented ? smart, pinter mengemas CV, punya bahasa Inggris bagus ?, mungkin yang menjadi faktor mereka banyak di terima di sini. Ntah lah.. yang jelas this country full of India and Phillipino.

HIKMAH:
Bagi yang punya pengalaman rendah, jangan menyerah..Coba terus semua peluang. Belajar ngomong bahasa Inggris, belajar masak, belajar apa aja..jangan takut salah. HAJAR !!!!

Di kantor saya juga punya apprentice fresh graduate dari India dua orang. Ntah dari mana mereka apply. Saya aja yang di kantor bingung ...

2 comments:

Anonymous said...

Mas kog meraka bisa exist disana? kenapa org indo gak bisa ya?
Skill mereka bagaimana? atau mereka pintar cakap saja??

Indonesia di Arab Saudi said...

Kalau bekerja dengan baik, komunikasi dengan bos dan sesama rekan kerja di jaga, insya Allah exist..skill mah.. bisa di asah.. Termasuk juga bule.. apa skill mereka hebat ?? saya belum lihat tuh bule yang skill-nya hebat banget di sini.