Saturday, May 22, 2010

Shalat Jum'at..

Saya ga bisa bahasa Arab Pak/Ibu.. lha apa ini maksudnya ? Walaupun ini negara Arab, tapi karena banyak pendatang, ketidakbisaan berbahasa Arab sepertinya tidak terlalu bermasalah. Asal bisa bahasa Inggris, insya Allah bisa survive lah..tapi saya mau belajar.. Saya mau belajar bahasa Arab biar nanti kalo shalat, saya bisa ngerti apa yang di bacakan. Biar nanti bisa baca quran ga perlu pakai terjemahan. Bapak/Ibu baca Quran ga ? pernah baca terjemahannya sampai habis ga ? Hebat lho Pak/Bu Alquran itu.. Kawan saya yang orang Nigeria pernah bilang gini .."kata-kata didalam Al-quran itu tidak bisa tergantikan, sangat berurutan, kalau satu kata diganti dengan kata yang lain, walaupun mempunyai makna yang sama, pasti ketahuan deh".. Teman dari Nigeria ini bisa berbahasa Inggris dan Bahasa Arab. Tapi dia menyebutnya broken English and broken Arabic. Karena menurut dia sih, ga sesuai ama kaedah perbahasaan.. Namun, menurut saya bahasanya mantap banget..

Semua nabi/rasul punya mukjizat masing-masing kan ? Karena nabi/rasul dah wafat, mestinya kita tidak bisa melihat lagi mukjizat itu. Tapi ada lho Pak/Bu, mukjizat yang masih bisa kita rasakan. Mukjizatnya nabi Muhammad SAW. Yaitu Al-quran.. Ayo Pak/Ibu, kita buktikan..kita baca Quran yuk !!!

Berhubungan soal bahasa tadi, semenjak saya disini. Saya suka kebingunangan kalau shalat Jumat. Begitu khatib naik mimbar, saya bingung, ini yang mana pembukaan ? yang mana isi khutbah ? dan yang mana doa ? nda ngerti soalnya. Sampai akhirnya saya ditugaskan ke daerah Industri Jubail untuk menangani salah satu fertilizer plant disana. Ketika Jum'at, saya shalat di Islamic Center Jubail. Setelah selesai shalat Jumat, saya melihat di dekat pintu keluar mesjid, beberapa orang dengan "tampang" melayu tulen duduk berkumpul dan sepertinya menunggu sesuatu. Iseng-iseng saya dekati (seperti yang pernah saya ceritakan disini, saya paling ndak bisa melihat tampang melayu, pasti saya tanyain.. Indonesia kah ?? ). Eh.. bener.. Indonesia Pak/Ibu.. "oooo iya mas, kita lagi menunggu ustadz buat menterjemahin khutbah Jum'at tadi.." Wah.. ternyata di Islamic center ini, ustadz-nya berasal dari berbagai negara dan setiap habis Jumat, sang ustadz yang dari berbagai negara tadi berkumpul ke "kelompok negaranya" masing-masing dan menterjemahkan khutbah Jum'at sang khatib..

Jadi kalau bapak/Ibu mulai bosan mendengarkan khatib Jumat karena nda ngerti apa yang dikatakannya, sholat jum'at lah di Islamic Center yang ada di kota-kota besar di Saudi. Selesai Sholat, jangan langsung pulang (buru2 amat..mau kemana sih ??) lihat aja sekeliling mesjid, "tampang-tampang Melayu" yang berkumpul. Insya Allah ada program ini disana. Selain program terjemahan shalat Jum'at, mereka juga punya pengajian rutin dan program belajar bahasa Arab lho.. Juga buat keluarga..

Ada web bagus nih, ternyata tanpa kita sadar, orang Indonesia sudah berbahasa Arab..Klik disini.

No comments: