Tuesday, July 6, 2010

Saudi di summer..

Jika Bapak/Ibu ingin tahu seperti apa suhu di Saudi jika summer, maka jika Bapak/Ibu lagi memasak kue di dalam oven, maka bukalah oven tersebut dan rasakanlah udara panas yang keluar. Suhu jika summer range 40 - 50 deg C. Mata di picingkan jika berjalan keluar karena silau.

Makanya orang sini pakai kaca mata hitam di siang hari jika berada diluar, bukan untuk gaya, silau !!! Udara panas tadi, juga dirasakan di malam hari. Mungkin udara panas juga yang membuat trend pakaian orang Arab jadi menggunakan kain penutup kepala yang dilingkari dengan pengikat hitam seperti di poto ini. Ntahlah..

Jika tidak ingin bokong (maaf, saya belum menemukan kata yang tepat pengganti ini) kepanasan, maka hati-hati ketika di toilet. Rasakanlah dulu air nya apakah panas atau tidak. Orang Saudi senang mengambil masa cuti-nya di summer ini. Tapi saya tidak tahu pasti apakah pengambilan cuti mereka karena air di toilet yang panas atau tidak.

Sebenarnya tidak ada tips yang berlebihan cuma saya ingin melepas unek-unek di musim panas ini. Musim terasa panas di bulan Mei, Juni dan Juli. Memasuki Agustus suhu biasanya menurun hingga musim dingin di bulan Januari, Februari dan Maret. Jika musim dingin, suhu benar-benar dingin. Jaket seperti pakaian wajib seperti di Eropah (pake "h") cuma tidak turun salju. Itu saja bedanya.

Oya, satu lagi jika ingin membeli pakaian musim dingin, belilah di musim panas.. Murah soalnya..

Updated on 17th July 2010.

Ini summer pertama saya Pak/Ibu. Menghadapi panas seperti ini, membuat saya harus mengupdate apa yang pernah saya tulis di sini. Ampun.. panas banget. Pemerintah Saudi sampai mengeluarkan warning kepada warganya untuk membatasi aktivitas di luar ruangan. Begitu Bapak keluar, langsung dalam detik itu juga pori - pori Bapak mengeluarkan keringat. Bisa di rasakan tangan Bapak langsung basah. Di luar ruangan suhu 40-50 deg C sedang di dalam ruangan dengan AC tubuh dipaksa menerima suhu 20-23 deg C. Benar-benar kontras. Akibatnya hidung saya jadi "bindeng" pilek.. benar- benar menguras energi. Jika Bapak ingin bawa keluarga, saya sarankan jangan di summer deh.. di bulan2 September, Oktober, Desember aja. Udaranya lebih nyaman.

1 comment:

Unknown said...

klo nyari pendamping hidup di jubail ada ga ya pak...?