Saturday, December 25, 2010

Persaingan para expat di Saudi

Apa Khabar Bapak/Ibu,

Gimana masih semangat ?

Dah lama ya, saya tidak menulis. Saya dilanda kemalasan nulis syndrome nih.. Setelah sibuk keliling, lalu pulang kampung, jadinya malas nulis (sayang "si pulang kampung", selalu di jadiin kambing hitam). Sampai akhirnya saya memiliki waktu luang, lalu mengecek e-mail pribadi dan ada "nyangkut" sebuah e-mail dari website pencari kerja yang isinya "....di cari seorang engineer...bla..bla..bla... to be placed in Saudi"... "eh deket nih, lumayan ah, siapa tau nyangkut" kata saya dalam hati.

Bidangnya pas banget, experience-nya juga cocok, perusahaan besar, kaya-nya gajinya lumayan nih dalam hati saya. Lalu mulai melihat kemana lamaran harus di tujukan. Eh, ada keterangan lagi ternyata di bawahnya:

"EUROPEAN UNION, RUSSIAN FEDERATION
(Applications will only be considered from people who are authorised to work in this location by being a national of that country or region, or by holding a valid work permit.)"

Yang terjemahan bebasnya: " eh.. tau diri ya, yang bukan dari Eropah (pake "h") jangan coba-coba ngelamar, kagak bakal di terima".

Apa2an ini. Ga adil.. Inikan perusahaan punya Saudi, kok mereka berani-beraninya mereka membuat pembatasan seperti itu. Lalu, ngapain lagi recruitment office-nya di Eropah (pake "h"). Wah, nda beres nih..

Sebenarnya ini bukan kali pertama saya menemukan lowongan, dengan pembatasan applicant seperti itu di Saudi. Sudah beberapa kali. Namun bukan orang Indonesia jika hal seperti itu saja menjadi hambatan. Langsung saja saya siapkan CV, yang saya yakin akan bisa membuat orang yang membacanya terpesona. Tak lupa saya sisipkan tulisan ".. Lelah aku berkelana, mungkinkah ini yang di damba ? (Bapak/Ibu pasti sudah tahu bahwa, sisipan tulisan itu tidak benar :) ). Hasilnya ..... sehari, dua hari, sebulan, dua bulan, menunggu, saya tidak pernah di hubungi. Benar-benar tak berperasaan..

Kejadian ini masih menggelitik naluri keingintahuan saya. Ada apa gerangan ? kenapa ya ada pembatasan seperti itu. Sampai suatu ketika saya membaca novel " Cinta di dalam gelas dan Padang Bulan, yang di karang Andrea Hirata, Aha...saya tahu jawabannya !!!

Sebenarnya saya tidak menemukan hubungan novel Andrea Hirata dengan persoalan ini, namun saya merasa jika saya tuliskan itu akan lebih dramatis.

Saya merasa tidak pernah ada kompetisi langsung expat dari Eropah (pake "h") dengan expat dari Asia untuk suatu posisi lowong di sebuah perusahaan di Saudi ini, atau mungkin di Middle East secara umum. Suatu posisi lowong, memang sudah di persiapkan dari awal bahwa posisi ini haruslah orang dari Eropah (pake "h") yang mengisi. Secara langsung mereka coba melindungi "lot-nya" . Jika kompetisi di buka, maka dengan experience yang sama menurut Bapak, siapa yang bakal menang ?

Ada komen ?

8 comments:

Anonymous said...

Mas masa iya sih jaman sekarang masih ada yang seperti itu... Btw, kalau boleh tau keahliannya mungkin berbeda mas dari apa yg diinginkan oleh aramco itu...
Mas backgroundnya apa ya....

Jangan menyerah ....pantang mundur dan bersabar itu mungkin jalan yg terbaik dan Lillahi Ta'ala....

Salam

Indonesia di Arab Saudi said...

Halo Mas,

Terima kasih mau mampir...
Heheh,.. saya tidak menyebut company lho mas :).. Tapi faktanya memang ada pembatasan kan ? coba aja liat di "footnote-nya" ..

Saya di bidang Vibrasi, rotating equipment..

Makasih juga atas semangatnya..:)

Anonymous said...

He..he..mas ini bagaimana ....walaupun nggak dikasih tau companynya kan dari job referencenya bisa di search di google....he..he ketauan deh...

Btw, tetap semangat, Insya Alloh ada jalan..

Indonesia di Arab Saudi said...

Heheh.. Iya yah.. :)

Tapi sebenarnya gambar yang saya lampirkan cuma ilustrasi saja.. Bukan case yang sebenarnya..

Btw, di Saudi juga ? gabung dong di milis kita..

Salam semangat !!!

Davin said...

Aduh, kalo saya pertanyaannya super OOT nih mas hehehehe, kalo ngurus exit visa itu susah nda yah, ini mau bantuin temen saya. Dia seorang istri dari pekerja di Saudi. Kafilnya ya suaminya, syarat2 buat ngurus exit visa apa ya pak? mereka berdua sama2 bingung, yg mau pulang cuma istri sama anaknya saja. Ngurusnya kemana ya? terima kasih banyak.

Indonesia di Arab Saudi said...

Bukankah biasanya yang mengurus perusahaan Pak.. Mereka tinggal membeli exit visa sekitar 200 riyal. Saran saya coba tanya dengan perushaan tempat temen Bapak bekerja. Pengurusannya cuma sehari kok..

Anonymous said...

mas...mana update ceritanya???lg sibuk ya

Indonesia di Arab Saudi said...

Iya nih.. Tapi bakal ada cerita menarik very soon ;).. Thanks mau mampir..