Monday, August 2, 2010

Lowongan di Arab Saudi

Bapak/Ibu,

Apa khabar ? Masih mencari pekerjaan lain ? masih tertarik ingin kerja di Saudi ? Kalau jawabannya iya, ini adalah tulisan yang tepat untuk di jadikan salah satu masukan bagi Bapak/Ibu. Ini semacam kiat-kiat mencari kerja di Saudi, perusahaan apa saja yang ada disini, mana yang ter-favorite dan fasilitas apa saja yang di sediakan. Jika Bapak/Ibu tidak tertarik, maka saya menawarkan website ini sebagai pilihan.

Arab Saudi itu kaya minyak. Semua orang tahu itu. Bahkan ada rumor disini bahwa orang tidak boleh menggali tanah lebih dari dua meter karena bisa-bisa keluar minyak. Minyak bahkan lebih murah dari air. Harga satu liter minyak sekitar 0.40 halalah (sekitar seribu rupiah), sedangkan harga satu liter air satu rial (sekita 2500 rupiah).

Adalah Saudi Aramco (Saudi Arabian Oil Company) yang mengelola hadiah minyak dari Allah SWT ke rakyat Saudi. Produksi crude oil-nya pertahun adalah 3.4 billion barrel. Jadi jangan heran jika kemudian perusahaan minyak ini di juluki "The biggest energy company after the sun" ya, perusahaan energi terbesar setelah matahari. Tak heran jika kemudian Aramco menjadi incaran para pencari kerja dari seluruh dunia. Mereka memang menawarkan fasilitas yang menarik bagi karyawannya. Tapi apa benar fasilitas mereka yang terbaik ? Bapak bisa nilai sendiri nanti.

Perusahaan asal Saudi kedua yang terbesar adalah SABIC (Saudi Basic Industries Corp). Perusahaan ini diserahkan tugas mulia untuk mengelola basic industry di Saudi, mulai dari chemical, pupuk sampai baja. SABIC ini semacam holding company yang terdiri dari beberapa perusahaan. Lebih lengkapnya Bapak/Ibu bisa melihat list perusahaan yang bernaung di dalam panji SABIC di sini. Nah, dari yang saya dengar, orang Indonesia banyak bekerja di SABIC ini, lebih tepatnya di SAUDI KAYAN. Bapak silahkan saja hunting, mana tahu ada yang cocok :).

dan perusahaan lainnya. Ya, saya rasa seluruh perusahaan multinational yang beredar di Indonesia ada di Saudi ini. Coba ayo, silahkan saja buka website perusahaan yang Bapak incar, lalu search Saudi Arabia. Paling tidak itu yang saya lakukan dulu.

Ini adalah tawaran standar, jika Bapak bekerja di Saudi:
- Tiket pulang pergi setahun sekali bagi anda dan keluarga.
- Housing accomodation allowance
- End of service benefit jika anda resign
- Insurance kesehatan bagi anda dan keluarga.
- 30 hari cuti dalam setahun
- School allowance bagi anak.

Ada beberapa teman disini, bekerja di multinational "support company" buat oil company dan perusahaan lainnya di sini. Mereka mendapat fasilitas yang sama seperti diatas, plus mobil (dengan segala allowance-nya) dan biaya HP, internet (utilities, seluruh nya juga di tanggung), dan juga karena mobilitas mereka, mereka bisa berobat di mana saja di seluruh dunia ini, karena sudah masuk coverage health insurance-nya.

Lebarkan sasaran pencarian Bapak, jangan terpaku dengan perusahaan yang biasa melepas iklannya di Guna Mandiri, NES GLOBAL, dan lain-lain :), karena kemudian anda akan bersaing dengan ribuan orang di Indonesia. Menurut saya jika sudah memasuki wilayah expat, standar gajinya sudah ada, fasilitasnya standard antara satu dengan lain, walaupun kemudian sifatnya individu dan case per case. Seberapa hebat kita bagi perusahaan.

Happy hunting !!! mudah-mudahan berkah, jangan korupsi dan tetap jadi orang baik..

5 comments:

admin (mohammad ebta prakarsa) said...

lha mana lowongannnya ??

salaam,
mailto: me.prakarsa@gmail.com

Indonesia di Arab Saudi said...

heheh ga ada ya Mas, sudah coba ubrek2 di sini ? http://indonesiadiarabsaudi.blogspot.com/2010/05/lowongan-di-saudi-arabia.html

Saya juga berenca membuat satu rubrik di blog saya ini yang isi nya lowongan dari "mulut ke mulut" perusahaan2 di sini, insya Allah. Sudah bergabung di milis kita indonesiadisaudiarabia@yahoogroups.com ? insya Allah juga akan di posting di situ.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Indonesia di Arab Saudi said...

Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh,

Syarat utama ya experience Mas.. Kenapa sang perusahaan mau meng-hire kita ? Krn expertise khan ?. Tp ada dua orang India di kantor saya yg mulai dari apprenticeship. Kalo Mas adalah fresh gradute, cari perusahaan2 Multinational, jgn perusahaan nasional Saudi.

Mudah2an di mudahkan ya..

Wassalam,

Anonymous said...

Assalamu'alaikum
kalau alih expertisse bisa ndak ya mas ?
ex, saya dari IT, ingin Apply di Marketing. kira-kira bisa tidak mas ?
terimakasih