Monday, August 23, 2010

Saudiku yang unik part 2

Bapak/Ibu,

Apa khabar ?

Kalau soal keunikan Saudi tidak cukup rasanya dengan hanya dua seri, bahkan seharus tetralogi Saudi, atau lima-logi. Hehe.. Bangsa Arab ini memang luar biasa. Di beri nikmat tanah yang kaya minyak. Di tanahnya berdiri rumah yang sangat di agungkan oleh seluruh umat muslim, ini jazirah para nabi. Namun ada yang tidak "mengena" di hati saya. Kadang membuat saya sedih..

Suatu sore sambil mengendarai mobil sepulang dari kantor, saya bilang ke kawan saya orang India yang kebetulan hari itu "nebeng" pulang. "Lihat anak muda itu", kata saya sambil menunjuk anak muda Saudi dengan rambut agak grondong membuka pintu gerbang compound kami. Sang anak muda ini bekerja sebagai security. Saya perkirakan umurnya tidak lebih dari 13-15 thn. "Bukankah seharusnya dia ada di sekolah ?" sambung saya lagi.

"Bukankah sekolah di Saudi ini gratis bagi warganya, bahkan sampai S3 ?" ... "bukankah jika dia bisa selesai S1 saja, bakal jadi engineer yang bekerja di perusahaan minyak atau petrochemical disini.." Mendengar pertanyaan saya ini, kawan saya tersebut menjawab simpel .. " hahahah.. easy my friend, jika mereka pada sekolah semua, kita ga bakalan dapat kerja di Saudi ini hahahah... " memang ada benarnya juga sih, tapi kasihan juga... punya peluang tidak di manfaatkan.

Saya pernah bilang ke engineer muda yang saya temui di salah plant, "di plant ini, kalian punya the best technology installed, kalian bisa mengusulkan ke HRD untuk dapat training kemana saja yang kalian mau di dunia ini.. manfaat kan itu.." sang engineer menjawab simple... "ya oke, tenang aja ...kita habiskan dulu makan siang kita ini.. gimana makanannya enak ???" WALAH..

No comments: